Akar Serabut

Akar Serabut, Pada pembahasan kali ini akan mengulas artikel mengenai Akar Serabut lengkap dengan pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri, struktur dengan manfaatnya agar dapat mudah di pahami.

Akar Serabut adalah sebuah dari lapisan sel tanaman yang mempunyai bagian utama yang dinamakan akar yang bisa membetuk tanaman lebih kuat dengan struktur nya dan mempunyai bagian – bagian anatomi yang terletak dari barbagai jenis tanamannya.

Untuk lebih jelasnya anda langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Akar Serabut

Akar Serabut merupakan salah satu klasifikasi dari tanaman yang sebagai jenis tanaman monokotil yang mempunyai akar berserat. Dan biji dengan individu yang membentuk akar lembaga yang akan tumbuh menjadi akar primer.

Akar bisa menyusut dan juga dapat digantikan oleh akar dengan ukuran yang hampir sama dan membentuk serat terdapat di pangkal tanaman yang membentuk cabang dalam jumlah yang lebih besar.

Maka akar akan menyerupai pada tanaman dipot yang dicangkok dengan struktur dan fungsi dari jaringan yang bisa memperkuat pembentukan batang tanaman.

Baca Juga : Batang Monokotil

Fungsi Akar Serabut

Akar Serabut

Fungsi utama yaitu sebagai melengkapi dari pertumbuhan pada tanaman dengan kelengkapan yaitu.

  • Serat akar mempunyai sebuah fungsi menyerap air dan garam mineral.
  • Serat akar hanya menyerap air dan mineral tanah sebagai kandungan mendistribusikan air dan nutrisi dan membutuhkan nutrisi.
  • Akan berdampak besar pada tanaman dan juga akan menjaga kondisi tanaman maka bisa kokoh di media hidup nya.

Ciri Ciri Akar Serabut

Maka sebagai bagian dari tanaman pada umumnya sehingga akar berserat juga mempunyai beberapa sifat yang menjadi ciri untuk jenis akar itu sendiri.

Berikut yaitu beberapa ciri dari akar berserat adalah.

  • Bentuk akar serat pada biasanya mirip dengan serat akar yang tunggang.
  • Tidak cenderung dan berukuran besar dan mempunyai dalam jumlah yang lebih besar.
  • Serat akar yang akan tumbuh di pangkal batang.
  • Ukuran masing-masing umumnya relatif sama.
  • Tidak seperti akar tunggang.
  • Tanaman akan menempel pada sistem akar yang jauh kedalam.
  • Tanaman sangat rentan terhadap angin kencang.

Baca Juga : Metagenesis Tumbuhan Lumut

Contoh Tanaman Akar Serabut

Jadi dari pembahasan diatas sehingga kami juga akan memberikan beberapa contoh dan jenis tanaman akar serabut, diantaranya.

1. Pohon Palem

Pohon Palem merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai sebuah akar serat dengan kandungan kambium yang nyata. Dengan tangkai daun mempunyai batang yang membungkus di sekitar batang.

Pohon Palem akan juga ditutupi dengan lapisan luar yang relatif tebal ketika masih muda dan lebih keras ketika sudah tua yang ada pada pangkal batang dan juga membentuk akar berserat.

2. Pohon Bakau

Pohon Bakau merupakan salah satu tanaman yang bisa mengembangkan akar panggung untuk bertahan dari gelombang kekerasan dan akan muncul dari lumpur yang tebal maka sebagai sistem pernapasan pada tanaman.

Dalam hal ini juga mempunyai akar lutut yang panjang dan melengkung. bisa mendukung pembentukan pohon di lumpur dari sistem pernapasan mangrove.

3. Bambu

Bambu merupakan salah tanaman yang mempunyai akar dan akan membentuk dalam sistem percabangan dari ujung. Dan setiap segmen mempunyai tunas dan akar sebagai membentuk tunas yang memanjang.

5. Kentang

Kentang merupakan jenis tanaman yang menyimpan cadangan makanan yang bergantian pada batang tanaman. Dan sebagai tanaman yang mempunyai sistem akar meruncing dan berserat.

6. Tomat

Tomat merupakan tanaman dikotil atau mengandung biji dan mempunyai kambium dengan sistem root yang dimiringkan. Karena mempunyai jaringan kalifra dan xilem dan floem.

7. Semangka

Semangka merupakan sebuah tanaman merambat dan akan dapat membentuk akar yang tidak disengaja atau memanjat yang dapat mencapai puluhan meter. Maka semangka mempunyai dua jenis bunga dalam satu tanaman dan mempunyai benang sari.

8. Pohon Pisang

Tanaman pisang merupakan salah satu jenis tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan rendah dengan kondisi tanah yang lembab dan terbuka. Maka bisa pertumbuhan akar bergerak 4 sampai 5 meter dan tidak lebih dari 2 meter di bawah permukaan bumi.

9. Bawang

Bawang merupakan salah satu jenis tanaman tahunan dalam bentuk rumput dan mempunyai daun yang panjang, dengan kandungan serabut dan juga membengkak membentuk bawang.

10. Pohon kelapa (Cocos nucifera)

Pohon kelapa merupakan sebuah kandungan tanaman yang mempunyai akar yang berserat dan terkadang dapat bercabang dan mencapai ketinggian sampai 30 meter.

Pohon kelapa juga sebagai daun tunggal dengan penguat berbulu, terukir sangat dalam. Maka terlihat komposit dengan berdiameter 10 sampai 20 sentimeter.

Demikian pembahasan mengenai Akar Serabut, lengkap dengan pengertian dan contohnya.

Semoga Bermanfaat.

close