Fungsi Xilem

Fungsi Xilem yang dibahas lengkap mulai dari pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri dan struktur, unsur persamaan dan fungsinya agar mudah untuk di pahami kita semua.

Fungsi Xilem adalah jaringan pada tanaman dari lapisan sel yang mempunyai bagian utama. Maka bisa membetuk struktur benih dalam kelompok tanaman.

Jadi hal ini juga ada kandungan dari batang yang memiliki struktur yang berbeda. Untuk sebagai jaringan dan fungsi xilem.

Pengertian Fungsi Xilem

Xilem yaitu jaringan di komposit untuk transportasi pada tanaman yang mempunyai fungsi mengangkut mineral yang diciptakan oleh proses penyerapan akar.

Sehingga, berdasarkan jenis dan bentuknya maka jaringan transportasi pada tanaman.

Bisa membagi sebagai jaringan xilem dan jaringan floem yang mempunyai fungsi untuk mengangkut dan menyalurkan fotosintesis daun dengan melalui proses tanaman untuk melakukan pertumbuhan.

Selain itu, dalam mengangkut makanan contohnya seperti sukrosa fotosintesis dalam daun ke bagian tanaman yang akan membutuhkan dalam menyimpan makanan contohnya seperti umbi atau buah.

Baca Juga : Fungsi Faring

Fotosintesis, turgor dan transportasi mineral, hormon, dan juga molekul pensinyalan lainnya.

Dengan sel xilem akan menawarkan permukaan hidrofobik internal yang memfasilitasi transportasi air dan juga kekuatan mekanik.

Sel-sel xilem bisa menahan berat air yang dibawa di atas tanaman dan berat tanaman itu sendiri.

Dan juga selalu berhungan menjadi bahan baku penting bagi masyarakat dalam kehidupan manusia dan juga menyediakan bahan bangunan.

Fungsi Xilem

Fungsi Xilem

Maka terdapat beberapa fungsi pokok dalam xilem diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Bisa memungkinkan tanaman akan menjadi lebih baik dan tumbuh tinggi.
  • Keluarkan air dari tanah dan akar untuk adanya tekanan negatif pada di jaringan xilem.
  • Bisa mengangkut hormon yang diproduksi oleh tanaman ke tempat yang dibutuhkan.

Unsur Unsur Xilem 

1. Parenkim Xilem

Parenkim xilem yaitu kandungan dari sel-sel hidup yang bisa ditemukan di xilem primer dan xilem sekunder maka ada di jari-jari sumsum.

Sel-sel parenkim bisa dibentuk oleh sel-sel yang membentuk perpaduan elemen trakea yang sering mengalami penebalan pada dinding. Dan bentuk dasar dengan sumbu yang panjang.

2. Trakea

Trakea yaitu komponen xilem terdiri dari tabung berdinding yang tebal. Dan dilapisi dengan selulosa sekunder maka mempunyai tekstur keras dan kuat.

Trakea umumnya ditemukan di tanaman benih tertutup atau angiospermae dengan komponen pada tanaman benih terbuka atau juga sperma komponen pada tanaman.

3. Tracheid

Trakea yaitu sebuah diameter lebih kecil dari diameter trakea maka Tracheid mempunyai diameter rata-rata 30 mm yang lebih kecil dari pada trakea dan juga akan membentuk dinding sel pada tanaman.

Baca Juga : Jaringan Tumbuhan

Proses Transfortasi Air Pada Xilem

Berikut dibawah ini terdapat proses transfortasi air pada xilem. berikut antara lain:

1. Transfigurasi Ekstravaskular

Transportasi ekstravaskular merupakan sebuah alat dengan kandungan air dan mineral yang berjalan secara horizontal.

Mengarah sel ke sel tanpa melalui xilem maka bisa pengangkutan air dan mineral dari serabut akar ke epidermis.

Disebabkan endoderm akar akan ditutupi dan bisa mencegah air dan mineral masuk ke dalam silinder pusat melalui Apoplas. Mengubah cara plastik, maka bisa melewati endodermis.

2. Transformasi Intravaskular

Transformasi Intravaskular merupakan sebuah air mineral dan garam diangkut secara ekstravaskuler. Sampai mencapai xilem dengan alat air dan mineral yang akan dilakukan memakai alat intravaskular melalui xilem.

Tipe Jaringan Xilem

Berikut dibawah ini beberapa tipe jaringan xilem. Sebagai berikut.

1. Koleteral tertutup adalah sebuah jaringan akan terbentuk ketika tidak ada kambium antara xilem dan floem. Dan juga dengan parenkim kolateral tertutup ini biasanya dikelilingi oleh jaringan sklarenkim.

2Koleteral terbuka adalah tipe antara xilem dan floem yang mengandung kambium pada tanaman dikotil dan juga gymnospermae. Sebagai penghubung antara xilem dan floem.

3Bikolateral adalah sebuah kambium antara floem luar dan xilem, yang tidak ada cambium antara xilem dan floem bagian dalam yang bisa ditemukan di tanaman Solanaceae.

4Konsentris amfikibral adalah jaringan yang mengelilingi xilem. Umumnya dan bisa ditemukan pada tumbuhan yang diklasifikasikan sebagai pakis.

5Amfivasal konsentris adalah tipe yang mengelilingi tanaman dalam cirdyline Acorus Calamus.

Demikian pembahasan mengenai Fungsi Xilem, lengkap dengan contohnya. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua.

Terima Kasih

close