Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar Karya Ilmiah, Pada sebuah laporan Karya Ilmiah ada beberapa kalimat pembuka dalam suatu laporan biasanya disebut Kata Pengantar.

Pada suatu Kata pengantar ini ada kata ucapan syukur atas selesainya laporan sebuah karya ilmiah.

Selain itu, rasa ucapan syukur, ada beberapa ucapan terima kasih terhadap beberapa pembimbing atau pendamping seperti : Guru, Dosen, dan Pihak-pihak lain yang terkait membantu dalam penulisan tersebut.

Dan, penulis lazimnya mengutarakan maksud atau tujuan atas karya tulis ilmiah yang dibuatnya itu, seperti : Untuk lomba tingkat Kabupaten atau Kota, Provinsi, Nasional atau sekedar untuk menyelesaikan tugas seorang pelajar dari guru atau dosen.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

1. Contoh Pertama

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Karunia -Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah yang berjudul ”Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pijat Bayi Terhadap Praktik Pijat Bayi di Polindes Harapan Bunda Sukoharjo” dapat selesai tepat pada waktunya.

Penyusunan karya tulis ilmiah ini diajukan sebagai syarat menyelesaikan pendidikan gelar Sarjana Saint Terapan Program Studi Diploma IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini penulis banyak mendapat bimbingan dan petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu , penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu:

  1. Dr. dr. A.A. Subijanto, M.S. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. H. Tri Budi Wiryanto, dr, SpOG (K) . Ketua Program Studi DIV Kebidanan Universitas Sebelas Maret S urakarta.
  3. Moch. Arief Tq, dr, PHK, MS. Ketua Tim KTI Program Studi D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  4. Ropitasari, S.S i T, M.Kes . Pembimbing I yang dengan penuh kesabaran dan ketekunan memberikan dorongan, perhatian, bimbingan, pengarahan, serta saran dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini mulai dari awal sampai akhir.
  5. Anik Lestari , dr, M.Kes. Pembimbing II yang banyak membantu dan memberikan masukan sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan.
  6. Munawaroh, S.SiT, SKM, M.Kes. Penguji utama yang telah banyak memberikan saran dalam p embuatan Karya Tulis Ilmiah ini.
  7. Ponirah, Amd. Keb. Pimpinan Polindes Harapan Bunda Sukoharjo yang tela h memberikan izin da n kesempatan pada peneliti dalam mengadakan penelitian.
  8. Seluruh staf D IV Kebidanan yang telah membantu administrasi dalam penyusunan Ka rya Tulis Ilmiah ini.
  9. Bapak, ibu, adik dan seluruh keluargaku atas cinta, dukungan dan doa yang selalu diberikan sehingga karya tulis ilmiah ini selesai pada waktunya.
  10. Teman -temanku Mahasiswa D-IV Kebidanan , atas perhatiannya semoga kita tetap menjalin serta menjaga silaturrokhim diantara kita semua, amin.
  11. Rekan-rekan dan semua pihak yang telah banyak membantu dalam penelitian.

Penulis menyadari dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini masih belum sempurna, maka saran dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan demi perbaikan karya tulis ilmiah selanjutnya. Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat.

                                                                                 Surakarta , Maret 2015

                                                                                             Penulis

2. Contoh Kedua

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia-Nya saya dapat menyelesaiakan karya ilmiah yang berjudul “Penyebab Kanker dan Cara Penanganannya”. Walaupun beberapa hambatan yang saya alami selama proses pengerjaannya, tapi saya berhasil menyelesaikan karya ilmiah ini tepat waktu.

Dan tidak luput saya sampaikan terimakasih kepada dosen pembimbing, yang telah ikut serta membantu dan membimbing saya dalam mengerjakan karya ilmiah. Saya ucapkan terimakasih juga terhadap teman-teman mahasiswa yang sudah ikut memberi kontribusi baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam proses karya ilmiah ini.

Suatu hal yang ingin saya berikan kepada masyarakat atas hasil dari karya ilmiah ini. Karena itu saya berharap semoga karya ilmiah ini memberikan dampak baik dan berguna bagi kita semua.

Saya pun menyadari didalam penulisan karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kata sempurna, maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat positif untuk mencapai sempurnanya karya ilmiah ini. Semoga karya ilmiah  ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca.

Bandar Lampung, Juli 2019

Penyusun

3. Contoh Ketiga

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan rahmat-Nya, kami dapat menyusun karya tulis ilmiah yang berjudul “Upaya Pencegahan Dampak Global Warming” dengan lancar.

Adapun maksud penyusunan karya tulis ini untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia. Rasa terima kasih kami tidak terkirakan kepada yang terhormat Ibu Dra. Lusi Hidayati selaku pembimbing materi dalam pembuatan karya tulis ini, serta semua pihak yang telah mendukung dalam penyusunan karya tulis ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Harapan kami bahwa karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya upaya pencegahan dampak global warming.

Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna dengan keterbatasan yang kami miliki. Tegur sapa dari pembaca akan kami terima dengan tangan terbuka demi perbaikan dan penyempurnaan karya tulis ini.

                                                                            Wamena, 07 Januari 2015

                                                                                          Penulis

Demikianlah pembahasan ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru untuk anda semua.

Baca Juga :

close