Umum  

Apa Itu Testimoni

Apa itu testimoni? Apa arti testimoni? Apa sih penjelasannya?

Pertanyaan itu belakangan ini memang sering diajukan, oleh para pengguna internet, termasuk mereka yang aktif di media sosial.

Dan untuk orang-orang yang biasa beli barang secara online (atau seller online), sehingga istilah ini mungkin tidak asing lagi.

Jadi, meskipun banyak muncul di media sosial atau platform marketplace, istilah testimoni masih belum dimengerti oleh semua orang.

Maka, pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskannya secara lengkap, khusus bagi yang belum paham.

Berikut pembahasannya :

Baca Juga : Arti Repost

Pengertian Testimoni

Testimoni atau testimonial (dalam bahasa inggris), adalah sebuah bentuk kesaksian kepuasan mengenai barang atau jasa penjual dari pembeli.

Sehingga istilah ini ditujukan, untuk membagikan pengalaman mereka bertransaksi dengan penjual, atau pengalaman ketika memakai barang yang mereka beli.

Misalnya, anda membeli sebuah handphone secara online, dari seorang seller di sebuah marketplace (Online shop / olshop). Semua transaksi berjalan lancar, handphone yang diterima juga dalam keadaan sangat baik.

Beberapa waktu kemudian, anda mengirim sebuah pesan di halaman toko tersebut, bahwa semuanya berjalan baik dan lancar. Jadi inilah yang dimaksud testimoni.

Contoh Testimoni

Istilah ini bisa Anda temukan, hampir di semua platform marketplace, atau media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Bahkan, tidak jarang juga kita temukan di Aplikasi chatting, seperti Line atau WhatsApp.

Testimoni

Untuk di marketplace, Anda bisa coba cek langsung di halaman penjual yang diinginkan.

Manfaat Testimoni Bagi Penjual

Testimoni

Bagi para penjual online yang berarti ada di bidang bisnis, testimoni memang sangatlah bernilai, karena mempunyai beragam manfaat. Misalnya seperti berikut :

Penjual mendapat kepercayaan : Kepercayaan dari pembeli, adalah hal yang penting. Respon positif, tentu saja akan menaikkan trust seorang penjual.

Menaikkan reputasi : Dalam perkembangan bisnis, ini sangat penting dan bermanfaat. Lewat banyaknya testimoni, otomatis reputasi penjual akan meningkat juga.

Penjual mendapat pelanggan tetap : Apabila seorang pelanggan memberikan respon positif, bukan tidak mungkin mereka nantinya akan menjadi pelanggan tetap.

Sebagai bahan evaluasi penjual : Kadang tidak selalu respon positif, testimoni juga bisa menjadi salah satu bentuk kekecewaan kepada penjual. Tapi ini bisa menjadi bahan evaluasi penjual, untuk menjadi lebih baik
lagi.

Media marketing gratis : Tidak jarang, pembeli yang telah memberikan testimoni positif kepada penjual, juga akan merekomendasikan toko Anda kepada kenalan, kerabat atau keluarganya. Maka ini bisa jadi media marketting gratis yang cukup bernilai.

Bahan iklan : Testimoni bisa digunakan oleh penjual, sebagai iklan yang ditujukan untuk para calon pembeli lain. Bahkan, bisa dibilang cara ini sangat efektif.

Cara Membuat Testimoni

Tidak ada hal spesial yang harus dilakukan, ketika membuat testimoni. Tetapi apabila Anda masih bingung dan belum terbiasa, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu :

Ceritakan pengalaman ketika membeli : Misalnya, proses waktu sedang bertanya tentang barang, proses kirim dan sejenisnya.

Kondisi barang : Apakah bagus? Bagaimana dengan packing pengirimannya? Bagaimana dengan kecepatan pengiriman (input resi)?

Kecepatan respon penjual : Bagi beberapa orang, respon penjual ketika di-PM sangatlah penting. Ini tidak jarang, ditulis oleh para pembeli pada kolom testimoni.

Ceritakan pengalaman proses return : Bagi Anda yang mengalami sedikit masalah, lalu mengganti barangnya ke yang baru, proses return juga bisa ditulis.

Mengikuti cara tulis pembeli lain : Jika bingung, bisa juga dengan cara mengikuti gaya testimoni dari pengguna lain.

Baca Juga : Apa Itu Typo

Perlukah Membuat Testimoni?

Bagi para penjual, testimoni merupakan suatu hal yang penting, karena bisa mendatangkan beragam manfaat. Lalu bagaimana dengan pembeli?

Contoh manfaatnya seperti 3 hal berikut ini :

Menaikkan reputasi pembeli : Di beberapa marketplace seperti Tokopedia, pembeli akan mendapatkan reputasi dari penjual, ketika selesai bertransaksi. Ini akan mempermudah transaksi berikutnya, ketika Anda ingin membeli barang.

Membuat penjual kenal dengan Anda : Untuk sebagian penjual, terutama yang masih baru, testimoni dari Anda akan membuat penjual mengenali Anda dengan lebih mudah.

Membangun relasi dengan penjual lain : Apabila Anda seorang penjual online juga, maka Anda akan lebih mudah mempromosikan toko Anda dengan relasi, melalui testimoni. Ini bermanfaat, untuk toko yang masih baru.

Kesimpulan

Demikian mengenai pengertian testimoni, dan arti testimoni. Istilah ini sangatlah penting diketahui, karena seringnya muncul di internet.

Nah, dan semoga disini, Anda bisa terbantu dan lebih memahami tentang istilah dan cara penggunaannya.

Semoga bermanfaat.

close