Rumus Diagonal Sisi Kubus

Cara Menghitung Rumus Diagonal Sisi Kubus, Pengertian Bangun Ruang Kubus adalah Bangun Ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi yg telah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut berbentuk kongruen atau berbentuk bujur sangkar.

Selanjutnya Bangun Ruang Kubus bisa juga disebut dg bidang enam beraturan yg berbentuk mirip dg Prisma Segi empat dan untuk Diagonal Sisi – Sisi Kubus ini biasanya digunakan untuk menghitung jumlah sisi yang ada.

Umumnya didalam Soal Matematika Kubus diterangkan bahwa untuk mencari dan menghitung Diagonal Sisi dan Ruang Kubus diperlukan suatu data atau jumlah nilai yang falid karena kebanyakan jumlah nilai tersebut hampir sama.

Soal Matematika Kubus dengan memakai Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus biasanya terdapat di setiap Ujian UN maupun UAS tingkatan SMA dan SMP.

Selain itu, bahwa Rumus Kubus itu terbagi dari 4 jumlah turunan yg sudah paten, ke empat Rumus Matematika Kubus tersebut adalah Rumus Luas Permukaan Kubus, Rumus Volume Kubus, Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus.

Namun untuk Rumus Menghitung Luas dan Volume Kubus sudah dibahas sehingga sekarang kita akan membahas Rumus Menghitung Diagonal Sisi dan Ruang Kubus dibawah ini.

Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus

Diagonal Sisi Kubus

Gambar diatas adalah salah satu gambar yang mengekpose dimana letak diagonal sisi dan ruang kubus tersebut berada.

Apabila anda lihat garis berwarna merah pada gambar diatas tersebut yaitu Diagonal Sisi kubus dan untuk garis berwarna hijau yaitu diagonal ruang kubus dan untuk Rumus Diagonal Menghitung Sisi dan Ruang Kubus bisa lihat penjelasanya dibawah ini.

Rumus Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Diagonal Sisi Kubus adalah ruas garis yg saling menghubung dua titik dari sudut yg berhadapan disetiap bidang atau sisi kubus dan anda harus selalu ingat bahwa kubus mempunyai 6 bidang sisi dan 12 merupakan diagonal sisinya.

Rumus Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Dan untuk Diagonal Ruang Kubus adalah salah satu ruas garis yg menghubungkan dua titik sudut yg saling berhadapan dalam suatu ruang didalam kubusnya.

Contoh Soal Matematika Diagonal Kubus

1. Diketahui Bangun Ruang Kubus mempunyai panjang rusuk 10 cm, hitunglah Diagonal Sisi Kubus dan Diagonal Ruang Kubusnya.

Jawabanya

Rumus Menghitung Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Ds = 10√2

Rumus Menghitung Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Dr = 10√3

Demikian pembahasan mengenai Cara Menghitung Rumus Diagonal Sisi dan Ruang Kubus beserta dengan Contoh Soal Matematika Kubus nya.

Baca Juga :

close