Rumus FPB Matematika

Cara Menghitung Rumus FPB Matematika, Pengertian FPB dalam Ilmu Matematika adalah Faktor Persekutuan Terbesar dan tentunya pengertian dari kata persekutuan disini bukan mencari teman atau bantuan untuk memerangi sesuatu seperti di dunia nyata.

Karena maksud dari kata Persekutuan sendiri adalah Menghitung dan Mencari Faktor Persekutuan Terbesar atau FPB dari suatu nilai prima melalui pohon faktor FPB dan Faktorisasi bilangan prima tersebut.

Rumus FPB umumnya sering digunakan di sekolah tingkat SD dan SMP karena ditingkatan ini banyak Soal Matematika Tentang FPB yg muncul di Ujian Akhir Sekolah maupun Ujian Sekolah.

Disini ada penjelasan dan pemahaman tentang Rumus Menghitung FPB atau Rumus Mencari Faktor Persekutuan Terbesar secara lengkap kepada anda maka pemahaman anda tentang FPB ini semakin lancar dan paham.

Cara Menghitung dan Mencari Rumus FPB

Sebelumnya bahwa untuk memahami Rumus FPB ini diperlukan tingkat konsentrasi yg sedang karena yg terpenting adalah mengetahui proses kerja dari Pohon Faktor FPB dan Faktor Persekutuan.

Karena teknik untuk mencari FPB ini menggunakan metode Faktor Persekutuan dan Metode Faktorisasi Prima dg pohon faktor.

Rumus Mencari FPB Dengan Faktor Persekutuan

Pengertian dan Menentukan Rumus Matematika FPB dg menggunakan teknik faktor persekutuan ini adalah mencari nilai yang memiliki besaran yg sama dari dua bilangan atau lebih dan nilai yg sama tersebut.

Diambil yg paling besar dari faktor persekutuan dua bilangan tersebut dan Contoh Soal Matematika FPB tersebut bisa anda lihat dibawah ini.

Carilah FPB dari nilai 4, 8 dan 12

Jawaban

  • Faktor dari nilai 4 adalah = 1, 2, 4
  • Faktor dari nilai 8 adlh = 1, 2, 4, 8
  • Faktor dari nilai 12 adlh = 1, 2, 3, 4, 6, 12

Faktor Persekutuan dari ketiga nilai diatas ialah 1, 2, 4 dan sedangkan untuk nilai terbesar adlh 4 sehingga nilai FPB  nya adalah 4.

Disini pembahasan dari Contoh Soal Matematika Menghitung FPB diatas antara lain dari faktor nilai [ 4, 8 dan 12 ] diatas dibagi dengan nilai yang bisa dibagi contohnya seperti nilai 8 hanya bisa dibagi oleh nilai  1, 2, 4, 8  dan 12 hanya bisa dibagi oleh angka 1, 2,3, 4, 6, 12.

Setelah itu, cari persamaan nilai pembagian dari [ 4, 8 dan 12 ] dan untuk ketiga nilai diatas memperoleh nilai 1,2,4 karena nilai tersebut terdapat di hasil pembagian ketiga nilai diatas tersebut {4, 8 dan 12 }.

Jadi Nilai Menentukan FPB atau nilai Faktor Persekutuan Terbesar nya diperoleh angka 4 karena angka empat merupakan angka terbesar dari nilai 1, 2, 4.

Rumus Menghitung FPB dg Faktorisasi Prima

Sedangkan Penjelasan & Menentukan Rumus Matematika FPB dengan memakai metode Faktorisasi Prima adalah mengambil bilangan faktor yg memiliki nilai yg sama.

Kemudian ambil bilangan yg mempunyai nilai terkecil dari 2 atau lebih bilangan tersebut dan biasanya metode ini memakai Pohon Faktor untuk menentukan nilai FPB nya.

Rumus Menghitung FPB dg Faktorisasi Prima

Rumus FPB dengan Menggunakan Tabel

Penjelasan dan Pengertian Rumus Matematika FPB memakai teknik Tabel ini ialah membagi bilangan FPB yg dicari memakai bilangan prima dan tabel.

Seperti Contoh Soal Matematika FPB dengan Tabel seperti dibawah ini.

Rumus FPB dg Menggunakan Tabel

Jadi untuk Penjelasan Soal Matematika FPB diatas ialah soal a nilai FPB nya adalah 3 (tiga) karena nilai 21 dan 35 hanya habis dibagi 3.

Sedangkan untuk Nilai 36 dan 54 nilai FPB nya ialah 18 karena bisa dibagi menjadi 2 x 3 x 3 = 18.

Demikian penjelasan mengenai Rumus FPB sampai disini dan semoga anda paham serta mengerti atas apa yg sudah kami jelaskan tentang Rumus Matematika FPB diatas.

Baca Juga :

close