Rumus KPK Matematika

Cara Menghitung Rumus KPK Matematika, Pada pembahasan ini mengenai dari Pengertian KPK dalam Ilmu Matematika adalah mencari nilai dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK dari dua bilangan bulat terkecil yang bisa habis dibagi oleh kedua bilangan tersebut.

Jadi anda jangan sampai salah mengertikan KPK karena KPK disini bukan Komisi Pemberantas Korupsi milik negara Indonesia dan Rumus Matematika KPK adalah kebalikan dari Rumus Matematika FPB yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Untuk Rumus KPK umumnya sering digunakan di sekolah tingkat SD dan SMP karena ditingkatan ini banyak Soal Matematika Tentang KPK yg muncul di Ujian Akhir Sekolah maupun Ujian Sekolah.

Disini ada penjelasan dan pemahaman tentang Rumus Menghitung KPK atau Rumus Mencari Faktor Persekutuan Terkecil secara lengkap kepada anda maka pemahaman anda tentang KPK ini semakin lancar dan paham.

Cara Menghitung dan Mencari Rumus KPK Matematika

Rumus Mencari KPK Matematika sendiri masih memakai metode yg sama dengan Rumus Menghitung FPB karena Rumus KPK ini memakai Metode Faktor Persekutuan, Metode Faktorisasi Prima dan Metode Tabel dalam mencari dan menghitung nilai suatu KPK Matematika.

Maka dari itu, kita simak penjelasan dari kami tentang Penjelasan Rumus KPK berikut ini.

Rumus Menghitung KPK dg Kelipatan Persekutuan

Cara Menentukan Rumus Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK dengan metode kelipatan persekutuan sebenarnya penjelasanya sama dengan yang ada di Rumus Matematika FPB.

Hanya saja ada perpedaan mencari nilai tersebar di FPB dan mencari nilai terkecil di KPK, sebagai contohnya bisa anda lihat penjelasanya soal matematika kpk dibawah ini.

Carilah Nilai KPK dari angka 4 dan 8

Jawaban.

  • Kelipatan KPK 4 ialah = { 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 40, 44, … }
  • Kelipatan KPK 8 ialah = { 8, 16, 24, 32, 40, 48, 56, ….. }

Perbedaan yg pertama adalah apabila nilai FPB dibagi namun apabila nilai KPK di kalikan dan diambil nilai persekutuan terkecilnya.

Apabila kita melihat contoh diatas maka Hasil Kelipatan Persekutuan dari angka 4 dan 8 ialah 8, 16, 24, 32 (diambil yg sama dari angka 4 dan 8 diatas) lalu untuk Nilai KPK dari angka 4 dan 8 ialah 8 karena diambil dari nilai terkecil dari {8, 16, 24, 32}.

Rumus Mencari KPK dengan Faktorisasi Prima

Untuk Menentukan Rumus KPK menggunakan faktorisasi prima adalah mengalikan semua bilangan faktor yg ada dan apabila ada yg sama ambil nilai yg terbesarnya serta apabila keduanya sama maka ambil salah satunya.

Untuk contoh Soal Matematika KPK Dengan Faktorisasi Prima ada dibawah ini.

Carilah KPK dari nilai 8, 12 dan 30

Jawaban

Cara Menghitung Rumus KPK Menggunakan Tabel

Penjelasan dan Menentukan Rumus Matematika KPK dengan Metode Tabel prinsipnya masih sama dg apa yg ada di dalam Rumus Matematika FPB maka apabila anda ingin mengetahui penjelasan dari Rumus Menentukan Nilai KPK tinggal lihat dibawah ini.

Cara Menghitung Rumus KPK Menggunakan Tabel

Demikian penjelasan yg bisa kami sampaikan dan berikan kepada anda terkait Rumus Matematika KPK secara detail dan lengkap. 

Baca Juga :

close