Rumus Luas Balok dan Rumus Volume Balok

Rumus Luas Balok, Pengertian Bangun Ruang adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yg telah dibentuk oleh tiga buah pasang persegi dan persegi panjang dengan pasang diantaranya saling berbeda satu sama lain.

Rumus Matematika Balok sendiri telah mempunyai 6 sisi, 12 buah rusuk dan 8 buah titik sudut, sedangkan untuk Balok yg dibentuk oleh enam buah persegi sama dan sebangun disebut juga sebagai kubus.

Dan untuk Rumus Balok sendiri mempunyai tiga turunan Rumus Matematika yg terbagi antara lain Rumus Luas Permukaan Balok, Rumus Volume Balok dan Rumus Panjang Diagonal Balok.

Ketiga Rumus Bangun Ruang Balok tersebut sangat penting sekali di pahami dan di ingat oleh anda karena banyak soal – soal menghitung luas, volume dan diagonal balok yg muncul di berbagai ujian sekolah UAS maupun UN.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Balok Matematika

Rumus Luas Balok

Disini membahas tentang Rumus Luas Balok & Rumus Volume Balok terlebih dahulu dan apabila anda lihat contoh gambar Bangun Ruang Balok diatas maka permukaan sisi balok bagian depan nya adalah ABCD.

Permukaan Sisi Belakang adalah EFGH, Permukaan Sisi Atas AEHD, Permukaan Sisi Bawah BFGC, Permukaan Sisi Ujung Kiri ialah ABFE dan Permukaan Sisi Ujung kanan ialah DCGH. Dan unsur yg dimiliki oleh Sebuah Balok antara lain

Ada 3 pasang sisi yg kongruen atau sama, Mempunyai 8 buah titik sudut dan 12 rusuk, Memiliki 4 Diagonal Ruang, 6 Bidang Diagonal dan 4 Diagonal Sisi.

Ingat jika anda mengetahui Sifat Permukaan dan Unsur – Unsur yang ada di Rumus Balok maka anda akan lebih mudah untuk memahaminya.

Untuk itu anda bisa lihat penjelasan dari kami tentang Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan dan Volume Balok dibawah ini.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Balok

Rumus Luas Balok tidak terlepas dari panjang (p), Lebar (l) dan tinggi (t) Balok karena p, l dan t itu adalah Rusuk dari Bangun Ruang Balok itu sendiri.

Sedangkan untuk Rumus Menghitung Luas Balok bisa anda lihat dibawah.

L = 2 ( p.l + p.t + l.t )

Cara Menghitung Rumus Volume Balok

Untuk Rumus Menghitung Volume Balok juga masih memakai nilai sebuah Panjang (p), Lebar (l) dan Tinggi (t) Balok, dg Rumus Volume Balok seperti dibawah ini.

V = P.l.t

Untuk Rumus Keliling Balok adalah Jumlah dari semua ukuran Rusuk Bangun Ruang Balok tersebut.

K = 4 ( p + l + t )

Contoh Soal Matematika Balok

Sebuah Bangun Ruang Balok memiliki ukuran panjang 500 cm, lebar 5 cm dan tinggi 10 cm maka tolong hitunglah Luas Balok, Volume Balok dan Keliling Balok tersebut.

Jawaban.

Demikian pembahasan tentang Cara mencari nilai Rumus Luas Balok, Rumus Volume Balok dan Rumus Keliling Balok.

Baca Juga :

close