Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma

Rumus Luas Prisma, Rumus Matematika Prisma adalah bangun ruang yg berbentuk tiga dimensi dan dibatasi oleh suatu alas dan tutup yg berbentuk segi dan sisi tegak berbentuk persegi atau persegi panjang.

Didalam dunia Geometri pengertian Bangun Ruang Prisma adalah bangun ruang yg memiliki penampang melintang dlm bentuk dan ukuran yg hampir selalu sama.

Dan untuk Prisma dg Alas dan Tutup yg berbentuk persegi maka disebut dengan Balok sedang Prisma dg Alas serta Tutup berbentuk Lingkaran maka disebut Tabung.

Jadi untuk kesimpulan dari Rumus Menghitung Prisma adalah mengetahui nilai suatu Alas dan Tutup Prisma itu sendiri. Rumus Matematika Prisma dibagi menjadi dua turunan rumus :

Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma, lalu kedua Rumus Prisma tersebut tidak bisa dipisahkan dari Alas dan Tutupnya.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma

Rumus Luas Prisma

Berikut pembahasan tentang Cara Menghitung Rumus Luas Prisma danI Rumus Volume Prisma karena apabila anda seorang siswa atau siswi sekolah SMA atau SMP.

Maka anda akan banyak menemui Soal Matematika Tentang Prisma baik di Ujian Sekolah maupun UN dan UAS sehingga sangat penting jika anda harus mengerti akan Rumus Prisma ini.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Rumus Luas Permukaan Prisma dan Rumus Luas Prisma itu sama pengertiannya maka anda harus jangan terkecoh akan hal ini.

Rumus Luas Permukaan Prisma adalah L = Luas Alas + Luas Tutup + Luas Selimut dan untuk besaran Luas Alas dan Luas Tutup sama maka bisa disimpulan seperti dibawah ini.

Luas Prisma = 2 x Luas Alas + Luas Selimut (Selubung).

Rumus Volume Prisma

Lalu untuk Rumus Volume Prisma sangat sederhana sekali karena hanya Luas Alas x Tinggi saja dan lebih lengkapnya bisa anda lihat dibawah.

V = Luas Alas x Tinggi

Contoh Soal Matematika Prisma

Demikian pembahasan mengenai Contoh Soal Matematika Tentang Luas dan Volume Prisma semoga bisa memudahkan anda dlm memahami Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma yg sudah kami jelaskan.

Baca Juga :

close