WhatsApp Tidak Tersedia Untuk Sementara

WhatsApp Tidak Tersedia Untuk Sementara, Apakah Anda pernah mendapati pesan bahwa WhatsApp tidak tersedia dalam sementara waktu?

WhatsApp tidak tersedia untuk sementara. Silakan coba lagi dalam 5 menit.

Sebagai pengguna WhatsApp, memang rasanya tentu sangat mengganggu apabila WhatsApp tiba-tiba tidak dapatdiakses. Apalagi jika hal ini terjadi di saat kita sedang dalam kondisi harus melakukan sesuatu yang penting.

Mengirim dokumen kepada atasan misalnya, atau melayani konsumen apabila Anda adalah seorang penjual online, dan lainnya.

Selain itu, WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak. Maka akan banyak sekali pihak-pihak yang mengalami kerugian karenanya.

Pesan bahwa WhatsApp tidak tersedia tersebut, umumnya terjadi ketika seseorang ingin login ke akunnya. Lebih tepatnya, di saat memasukkan nomor verifikasi.

Sehingga, dengan akibat adanya pesan ini, maka kita harus menunda proses login ke akun WhatsApp kita sendiri.

Penyebab Pesan WhatsApp Tidak Tersedia Untuk Sementara?

Penyebab dari masalah ini hanya disebabkan karena dua hal saja, yakni masalah koneksi internet atau WhatsApp memang sedang mengalami gangguan.

Maka, Anda tak perlu bingung lagi ketika mendapati kendala seperti ini. Kemungkinan besar Anda sedang mengalami salah satu dari kedua hal tadi.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Tersedia

Jadi, untuk mengatasi WhatsApp yang tidak tersedia, ada beberapa solusi yang bisa Anda coba. Maka, simak pembahasan berikut dibawah ini:

1. Periksa Apakah WhatsApp Mengalami Gangguan?

WhatsApp

WhatsApp sedang gangguan, atau yang dikenal pula istilah down, sebetulnya adalah hal yang tidak terjadi setiap hari, bahkan relatif jarang terjadi.

Tetapi, bukan berarti tidak pernah sama sekali. Misalnya pada bulan Mei 2019 lalu, ketika WhatsApp tidak bisa diakses secara penuh selama beberapa jam.

Umumnya, WhatsApp mengalami gangguan berbarengan dengan Facebook dan Instagram. Ketiga aplikasi ini memang berada dalam satu naungan atau server. Dan ketika terjadi down, maka ketiga aplikasi tadi langsung terkena imbasnya juga.

Jadi, kembali lagi soal WhatsApp, maka di sini kita harus periksa dulu, apakah WhatsApp sedang mengalami gangguan atau tidak.

Caranya seperti dibawah ini :

  1. Coba buka browser, untuk mencari kabar terkini mengenai WhatsApp.
  2. Lalu searching mengenai masalah ini. Ketik “WhatsApp Gangguan” di mesin pencari, seperti Google misalnya. Lalu Enter.
  3. Kemudian, ketuk pada kolom Berita.
  4. Anda juga bisa memakai filter waktu pada Google, untuk mendapatkan berita terbaru. Pilih alat, lalu ubah Sembarang Waktu menjadi 24 Jam Terakhir.
  5. Jika ada berita yang menyatakan bahwa WA sedang mengalami gangguan, kemungkinan masalahnya memang berada di sini.

Selain mengakibatkan WhatsApp menjadi tidak tersedia, down juga memberikan dampak pada masalah lain.

Misalnya seperti terus menerus muncul pesan Terjadi Kesalahan saat Anda ingin memutar video, hingga tidak bisa menampilkan status kontak kita di WhatsApp.

Baca Juga : Cara Scan Barcode Whatsapp

Apabila memang benar mengalami gangguan dari pihak WhatsApp itu sendiri, tentu saja tidak ada hal lain yang bisa kita lakukan.

Satu-satunya cara hanya menunggu, hingga WhatsApp normal kembali.

2. Periksa Koneksi Internet Anda

Koneksi Internet

Mungkin akses internet memang terlihat terhubung, tetapi sebetulnya sedang mengalami gangguan. Entah itu hanya lemot, atau memang tidak ada koneksi sama sekali.

Coba anda cek terlebih dahulu dengan cara berikut:

  • Buka browser di HP Anda.
  • Lalu coba searching atau buka situs apa saja.
  • Jika hanya loading terus-menerus, dan website tujuan tidak terbuka juga, berarti masalahnya ada pada jaringan internet Anda.

Jika memang begitu, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebetulnya cukup mudah. Anda bisa coba ganti provider misalnya. Jika memakai data paket dari SIM 1, coba ganti memakai SIM 2. Selain itu, Anda juga bisa coba memakai jaringan WiFi jika ada.

3. Clear Cache WhatsApp

cache

Masalah internal pada WhatsApp mungkin bisa terjadi. Mungkin Aplikasi WA di HP Anda mengalami error, yang membuatnya jadi sulit untuk diakses.

Jadi, untuk yang ini, saya biasanya melakukan Clear Cache. Tujuannya untuk menghapus data-data error di WhatsApp supaya normal lagi.

Caranya? seperti dibawah ini :

  1. Buka pengaturan Android.
  2. Lalu masuk ke Aplikasi.
  3. Silakan cari WhatsApp di sana.
  4. Setelah itu masuk ke menu Penyimpanan.
  5. Lalu tekan tombol Hapus Cache.

Selanjutnya, tinggal tutup menunya, kemudian tes WhatsAppnya. Biasanya, masalah tidak tersedia pada WhatsApp bisa hilang dengan cara ini. Terutama ketika ingin login.

Baca Juga : Cara membuat Barcode Whatsapp

4. Update WhatsApp

Update WhatsApp

Mungkin anda pernahkeluar dari akun WA, namun ketika coba ingin masuk kembali, ternyata hanya selalu muncul pesan tidak tersedia?

Hal ini bisa disebabkan karena versi WhatsApp sudah terlalu outdate, yang membuatnya sulit sekali diakses.

Bukan tanpa alasan, di laman resminya sendiri WhatsApp memang selalu menyarankan agar Anda memakai WA versi terbaru.

  1. Buka Playstore.
  2. Cari WhatsApp, kemudian ketuk tombol Update.
  3. Tunggu sampai selesai.

Cukup mudah bukan? Setelah WhatsApp diperbarui, Anda bisa coba tes lagi buka aplikasinya.

Dengan memakai cara ini, seharusnya bisa membantu.

5. Pastikan Tanggal HP Benar

Tanggal HP Benar

Tanggal HP, jika waktunya salah, ini bisa berpengaruh terhadap koneksi internet yang menjadi tidak berjalan dengan lancar. Umumnya sering sekali terjadi waktu kartu SIM HP dilepas.

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mengaturnya:

  1. Buka Pengaturan di HP android Anda.
  2. Lalu masuk ke Tanggal dan Waktu.
  3. Atur Zona Waktu, lalu atur menjadi Otomatis.

Jika sudah, maka anda tinggal dicoba lagi saja.

Jika setting otomatisnya ternyata tidak bisa, coba atur saja tanggalnya secara manual. Bisa juga sekalian mengatur jam dan menitnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai cara untuk mengatasi pesan WhatsApp Tidak Tersedia. Setidaknya, diharapkan dengan cara ini WA Anda bisa normal kembali.

Tidak banyak hal yang harus dilakukan, sehingga untuk cara mengatasinya pun tidak terlalu rumit juga.

Jika ada error lain seputar WhatsApp, maka anda juga boleh tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

close